Creative Media Launching Bidang Studi Desain Arsitektur

desain arsitektur

Creative Media membuka bidang studi baru yang merupakan bagian dari bidang desain dan teknik arsitektur yaitu Desain Arsitektur. Dimana Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Dalam bidang studi ini, memadukan 2 bidang studi yang berbeda, desain dan arsitektur rangka atau rancangan sebuah bangunan baik eksteriornya ataupun kerangka dalam bangunan tersebut. Bagaimana rancangan bangunan tampak luar seperti bentuk pintu, kusen jendela, ukuran dan luas taman. Sebuah karya Desain Arsitektur tidak sekedar hanya wujud ruang dan wadah rupa, yang mempunyai nilai tatanan ruang dan rupa yang secara estetika dapat dinikniati dan secara struktural/konstruksi dapat dibangun dengan aman, tanpa ada rasa kekahawatiran roboh bagi penghuninya saja. Suatu karya Desain Arsitektur adalah suatu gambaran wujud bangunan yang dapat difungsikan dalam masa yang akan datang/hari esok.

Desain Arsitektur ini, materi pembelajaran seputar penggunaan software AutoCAD dan Sketch Up serta V-Ray, serta penggunaan tools didalamnya. Setelah menyelesaikan pembelajaran bidang studi Desain Arsitektur ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan dalam menguasai dasar merancang Arsitektur secara komprehensif (untuk bangunaan dengan kompleksitas menengah), mempunyai jiwa semangat dalam berwirausaha, mempunyai kualifikasi nasional, menguasai prinsip arsitektur sadar energi, mempunyai kemampuan mendesain arsitektur (menguasai metode desain, menguasai standart-standart, menguasai peraturan bangunan, menguasai detailed desain, menguasai bahan bangunan, mampu menghitung RAB), dll.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *